(ARS) Penerapan Fengshui Dalam Desain Rumah Tinggal di Kediri

Pengalaman mendesain rumah tinggal dengan konsep fengshui adalah salah satu pengalaman menantang karena kita dihadapkan bagaimana menggabungkan keinginan klien tanpa terbentur saran dan anjuran tata letak Fengshui.

tampak depan rencana desain rumah Kediri

Fengshui adalah ilmu topografi dari Cina yang mempelajari bagaimana manusia, bumi dan surga bisa bersinergi dan bisa diterima dengan akal dan logika. Feng shui sering digunakan sebagai salah satu patokan dalam proses pembangunan rumah. Tujuannya adalah untuk memastikan rumah tersebut dibangun dengan Qi ( dibaca : Chi ) yang baik. Adapun faktor-faktor yang paling mempengaruhi yaitu lokasi dan sumbu waktu. Qi adalah sebuah kekuatan alam yang bersifat positif dan negatif dan memerankan peran penting atas kualitas feng shui suatu tempat.

(baca juga : apa itu konsep industrial, penerapan ke ruang interior seperti apa? http://sembilanstudio.com/2017/02/int-desain-sederhana-desain-interior-konsep-industrial-style-untuk-kantor-it/)

Proses di rumah Kediri sendiri diawali dengan berdiskusi dengan suhu ( guru Fengshui) tentang tata letak unsur Chi di dalam kavling rumah sesuai dengan kepribadian dan hitungan unsur Chi pemilik. Tata letak unsur chi sendiri dibagi menjadi beberapa zona dimana zona zona tersebut bisa di aplikasikan untuk ruang ruang khusus seperti ruang tidur akan lebih cocok di zona A, dapur sebagai unsur hidup rumah cocok di zona B dst.

perhitungan Fengshui pada desain hunian rumah tinggal

Bentuk lahan kavling semakin luas dan berbentuk kotak maka potensi mendapatkan zona Chi yang baik semakin banyak. Akan berbeda bila mendapatkan tanah atau kavling yang memanjang ke belakang atau memanjang ke samping akan sedikit mendapatkan zona Chi yang optimal. Begitu penjelasan suhu Fengshui di rumah Kediri ini.

 

Implementasi fengshui ke desain di rumah Kediri dibagi menjadi 6 zona yang masing masing mewakili ruangan ruang yang tepat sesuai anjuran hitungan fengshui. Dari anjuran tersebut baru bergerak bagaimana menata, mendesain bagaimana jalur sirkulasi, dimana letak kamar, dimana ruang servis, bagaimana idealnya ruang yang tepat untuk beristirahat sesuai zona zona fengshui yang sudah dibagi.

 

Rencana Desain yang sudah disesuaikan dengan Fengshui dan kebutuhan ruang

Hasil final rencana denah merupakan implementasi hitungan fengshui pemilik dengan kebutuhan ruang yang diinginkan pemilik. Bergeser sekian derajat dari busur fengshui akan berpengaruh terhadap kehidupan pemilik selanjutnya. Maka sebisa mungkin bagaimana desain ini berkolaborasi dengan pola tata fengshui tanpa mengurangi kaidah kaidah perencanaan desain rumah yang baik dan ideal.

 

(baca juga :konsep desain bangunan industrial pada rumah kos di lahan memanjang http://sembilanstudio.com/2016/11/ars-inspirasi-desain-rumah-kos-di-lahan-memanjang-konsep-industrial/)

Tags : #desain industrial, rumah kos di lahan memanjang, rumah kos minimalis, konstruksi rangka baja

Mansyur Hasan @Maret 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *