(INT) Renovasi Rumah Type Sederhana Bagian Depan dan Belakang Bernuansa Rumah Jawa dan Tropis

Mempunyai rumah sesuai dengan keinginan adalah hak mutlak yang dipunyai setiap orang. Rumah yang sesuai keinginan bakal membuat suasana hati lebih nyaman, menyesuaikan rutinitas dan kegiatan yang bisa mewadahi semua kebutuhan seluruh anggota rumah. Seperti contohnya mempunyai ruang makan yang menghadap taman adalah salah satu keinginan yang dapat merubah kebahagiaan dan kenyamanan penghuni.

Renovasi Bagian Tampak Dengan Tampilan Rumah Bergaya Arsitektur Jawa

Rumah ini adalah rumah yang sebelumnya dikembangkan pemilik pertama dari rumah tipe 60 yang mempunyai kamar tidur 3 ruang di area kavling 9x15m . Namun pengembangan kearah kebelakang dirasa kurang mewadahi ukuran ‘ideal’ kenyamanan pemilik baru.

Konsep perencanaan tampak depan mengadopsi tampak nuansa jawa dengan pemakaian batu bata ekspose finish natural coating dengan beberapa pilar pilar penyangga atap berupa beton yang dilapis kayu untuk mendapatkan kesan natural.

Denah Rumah Eksisting

Dinding eksisting tetap dipertahankan hanya dengan melapisi dan menambah pasangan batu bata ekspose. Mengganti pintu utama dengan pintu gebyok ukiran jawa nuansa jawa tengah finish melamin natural berukuran menyesuaikan bidang pintu utama eksisting.

Menambahkan frame unsur lis putih di tepian kusen jendela, memberikan unsur penyegaran rumah bernuasa jawa yang modern

Merubah tampilan lantai teras menggunakan lantai granit motif mozaik vintage konsep ukiran atau ubin keraton untuk memperkuat konsep rumah jawa. Menyempurnakan area teras dengan pemakaian lampu gantung khas jawa dan pagar kayu dari WPC woodplastic compisite untuk memperkuat tampilan tampak depan rumah

Denah Rencana Renovasi

Konsep Interior berangkat dengan memberikan penyegaran berupa bukaan jendela dan pintu yang langsung terhubung udara dan lingkungan luar dengan merubah dan melubangi sebagian atap sehingga tercipta atap lubang sebagai ventilasi udara dan bukaan cahaya masuk ke dalam rumah.

Membuat bukaan jendela dan kusen selebar lebarnya setinggi tingginya dengan membuat pintu dan jeldela berukuran besar dengan kaca polos bening agar cahaya dan udara maksimal bisa masuk ke dalam rumah.

Baca juga pengembangan rumah tipe standart 45 http://sembilanstudio.com/2018/05/int-pengembangan-rumah-tipe-standart-developer-area-belakang-rumah/

tampak ruang makan dan ruang keluarga dari arah ruang tamu

Menambah beberapa sisi dinding dengan batu bata ekspose sebagai cerminan rumah jawa yang dingin, segar dan dingin di beberapa bagian sisi dinding interior. Menambahkan unsur pernik jawa seperti aksesoris lampu gantung jawa dengan didukung furniture kayu ataupun sofa modern agar terlihat tidak terlalu kaku dan berat mengusung rumah berkonsep jawa yang terkesan berat karena terdiri dari mebeler dari kayu yang berukuran besar.

Mengganti lantai utama dengan keramik granit motif vintage ex.Roman granit untuk memperkuat nunsa interior yang klasik dan jawa.

view taman belakang dari arah dapur
view taman belakang, dapur dibelakang ruang keluarga
tampak ruang keluarga dan r.makan dari arah taman

 

#tag : desain rumah tropis, lahan melebar, arsitek rumah tropis, rumah minimalis tropis, rumah tipe 45/54, arsitektur rumah jawa, rumah tampilan jawa, rumah tropis alami, rumah jawa, ubin klasik , renovasi tampak depan klasik jawa

 

Baca Juga Inspirasi desain dapur lainnya http://sembilanstudio.com/2016/07/int-menciptakan-ruang-dapur-nyaman-dirumah-lahan-terbatas/ 

Mansyur Hasan @Agustus2018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *