(ARS) Desain Rumah Tinggal berlantai Mezanine di Lahan 7×15

Pemilik memiliki kebutuhan untuk merenovasi rumah tinggal lamanya dengan konsep yang lebih segar dan lebih terkesan lapang. Di lahan standar terbatas 7×15 dengan kebutuhan ingin menambah 1 buah ruang tidur lagi di lantai atas dan merubah ruang bawah sedikit lebih lapang daripada rumah sebelumnya.

tampak depan renovasi dengan bukaan jendela kaca nako

Konsep desain yang ditawarkan adalah menambah lantai mezanin untuk kebutuhan kamar tidur. Lantai mezanine adalah istilah untuk menaikkan lantai setengah dari ketinggian lantai 2 normal pada umumnya. Desain konsep yang ditawarkan lantai mezanin di rumah ini adalah tinggi +2.60m dengan asumsi ruang bawah dikurangi ketebalan plat lantai dan balok efektif memiliki tinggi +2.20m jarak dari lantai ke balok lantai mezanin.

tata layout lantai mezanine di lahan terbatas

Ruang bawah lantai mezanin dimanfaatkan kebutuhan ruang lain seperti dapur, teras depan rumah, KMWC dan area servis. Sehingga efek yang ditimbulkan ketinggian tampak depan rumah tidak terlihat cukup menjulang tinggi, tetap terkesan rendah, punya naungan lebih banyak dan tetap terkesan tidak ‘mencolok’ dengan tetangga sebelah namun tetap nyaman dibuat beraktifitas.

tampak interior dari ruang tamu

Membuat bukaan lebar sebagai ruang tangkapan udara di belakang, di rencanakan agar rumah maksimal mendapatkan sirkulasi udara dari belakang. Pintu dan jendela kaca nako di pilih untuk mendapatkan sirkulasi udara mengalir maksimal ke segala penjuru ruangan. Jendela kaca nako didesain terpasang hampir di seluruh ruangan mulai dari bagian jendela depan, jendela samping dan jendela kamar dengan tujuan mendapatkan sirkulasi udara silang di dalam rumah. Ruang terbuka void di tengah dengan bukaan cahaya ( skyrooftop) dengan menggunakan atap transparan untuk memasukkan cahaya ke dalam rumah. Pemakaian bata rooster di teras samping membantu sirkulasi tetap mengalir ke dalam rumah siang dan malam.

 

(baca juga : menciptakan ruang mezzanine diatas garasi rumah http://sembilanstudio.com/2017/07/ars-renovasi-tampak-depan-rumah-gaya-tropis-natural-di-kediri/ )

void yang tinggi di tengah sebagai tangkapan dan cahaya udara dari depan dan atap atas

Keberadaan taman kering di sisi tengah void membantu memberi penyegaran di dalam rumah. Ruang keluarga dan ruang tengah yang lebih lebar dan longgar diharapkan akan menambah kenyamanan saat berkumpul bercengkerama dengan keluarga, apalagi saat sanak saudara berkunjung dan berkumpul bersama. Renovasi rumah sederhana di kompleks perumahan lama.

taman kering di sisi void tengah

#tag : desain rumah tropis, rumah 7×15, modern tropis, desain rumah tinggal sederhana, desain lantai mezanin, lantai mezanin

 

mansyurhasan@mei2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *