Lebaran Sebentar Lagi, Apa Tips Sederhana Menata Rumah Jelang Hari Raya….. Yuk Simak!

Berhari raya khususnya Lebaran Idul Fitri untuk sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan kesempatan untuk saling bersilaturahim, saling berkunjung dan makan opor ayam makanan khas Hari Raya. Untuk menyambut hari besar dan sanak saudara yang berkunjung di hari Lebaran, berikut beberapa kiat dan tips sederhana menyulap rumah dan menata ulang kembali agar suasana Lebaran jauh lebih intim. Semoga dapat menginspirasi untuk menyambut hari Lebaran dengan suka cita.

T E R A S

  1. Taruh 1 atau 2 kursi kayu di area teras/ foyer rumah, lengkapi dengan cussion/bantal kursi dengan warna mencolok sebagai aksen dan penyambut tamu.
  2. Taruh di pojok teras atau disebelah kursi kayu itu sebuah pot bunga dengan tanaman yang cantik seperti palm mini atau tanaman bambu jepang.
  3. Singkirkan sementara beberapa barang yang sekiranya mengganggu sirkulasi masuk misal meja/kursi berukuran besar atau barang yang mudah rusak seperti tanaman dengan bunga lebar, pot bunga dari keramik dsb agar sewaktu waktu area teras dipakai untuk duduk santai dengan menggelar tikar/karpet tidak mengganggu keberadaan barang tersebut.
foyer sebagai penyambut di teras ( image Google )
foyer sebagai penyambut di teras ( image Google )

R U A N G  T A M U

  1. Ambil dan sisihkan sementara beberapa buah kursi sofa ruang tamu dan sisakan sofa dudukan yang panjang ( 3 seater ) dan meja ruang tamu agar ruang tamu terlihat lebih lapang.
  2. Bila sofa ruang tamu terlihat kusam, berilah selimut sofa sebagai kamuflase warna sofa yang kusam.
  3. Manfaatkan karpet/ permadani cantik sebagai ganti tempat duduk di area ruang tamu, lengkapi dengan tumpukan bantal untuk hiasannya.
  4. Ganti sarung cussion/bantal sofa dengan warna ceria atau kalau beruntung cari motif kaligrafi, motif batik dengan warna tidak harus sama agar suasana ruangan lebih dinamis.
  5. Taruhlah beberapa foto keluarga berpigura di dinding, harapannya suasana Lebaran akan lebih akrab dengan mengingat kembali memori foto bersama keluarga di waktu lampau.
  6. Mainkan warna di sisi salah satu dinding, beri warna cat dinding yang kontras namun tetap dalam koridor warna interior rumah, kalau ada dana berlebih manfaatkan wallpaper dengan motif menarik.
  7. Gantungkan 1 atau 2 buah kain yang memanjang menjuntai ke lantai sebagai pengisi dinding yang kosong, kain polos dengan warna atau bermotif khas daerah pasti sangat menarik untuk dicoba.
kain yang di gantung sebagai pengisi dinding ang kosong ( images google )
kain yang di gantung dg motif tertentu sebagai pengisi dinding yang kosong ( images google )

R U A N G  M A K A N  D A N  D A P U R

  1. Ganti cover/taplak meja makan dengan warna lebih semarak, berikan taplak meja dengan motif hijau atau biru dikombinasikan dominan warna putih selaras suasana hari raya Lebaran.
  2. Bila meja makan terbuat dari kayu, manfaatkan table runner/ taplak kecil memanjang agar serat kayu meja makan tersebut terlihat indah.
  3. Taruh di pojok meja makan vas bunga dengan buket bunga lily atau mawar putih/merah yang segar.
  4. Berikan beberapa toples kue-kue ringan dengan bentuk dan warna yang dinamis untuk disantap sembari bercengkerama di area meja makan.
ide table runner untuk meja makan kayu ( google images )
ide table runner untuk meja makan kayu ( google images )

Dari beberapa tips diatas, hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah pembersihan, menata ulang lemari dan rak buku, membersihkan pintu/jendela kaca agar lebih mengkilap, mencuci dan vakuum sofa/karpet ruang tamu dan memberi pengharum ruangan ketika hari Lebaran tiba.

Selamat berkreasi, berlibur dan berkumpul bersama keluarga di hari yang fitri. Mohon maaf lahir batin

mansyurhasan@juni2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *