Pentingnya Taman/Ruang Hijau di Halaman Rumah

Ruang Terbuka Hijau…apakah itu?

 

Ruang terbuka hijau adalah area yang memanjang/berkelompok yang penggunaannya bersifat terbuka , tempat tumbuh tanaman baik ditanam secara sengaja atau tidak. Nah sedangkan Ruang terbuka Hijau Privat adalah milik kalangan terbatas/pribadi seperti kebun dan halaman rumah yang ditanami tumbuhan

 

Penerapan Ruang Hijau / taman di rumah cukup bervariasi, mulai dari lokasi di depan rumah, samping, area belakang bahkan tidak jarang yang berani meletakkan area hijaunya di atas atap rumah ( roof garden ). Syarat mutlak ruang hijau di areal rumah minimal 20-30% dari luasan kavling rumah.

desain lokasi taman untuk rumah tinggal bapak Henry Malang
desain lokasi taman untuk rumah tinggal bapak Henry Malang

Contoh desain ruang terbuka hijau diatas dapat dinikmati dari ruang keluarga, ruang tidur utama dan area dapur. Pemilik menginginkan area hijau tersebut sebagai sarana bermain anak anak dimana aktivitas mereka dapat di pantau dari semua sisi ruangan rumah ( Rumah Sengkaling, Malang )

 

Sebegitu pentingkah Ruang Hijau ini harus ada di rumah? banyak sekali fungsi dan manfaat ruang terbuka hijau antara lain dari sisi ekologis :

  1. Sebagai peneduh rumah dengan pohon yg cukup besar
  2. Produksi oksigen di sekitar rumah
  3. Penyerap air hujan dan serapan air tanah sehingga mengurangi beban selokan/got di sekitar rumah
  4. Penahan angin yang masuk ke dalam rumah
  5. Penyedia habitat satwa seperti burung dsb
  6. Penyerap polutan seperti debu dan air
taman di atas atap rumah / roof garden
taman di atas atap rumah / roof garden

Manfaat lain kehadiran ruang hijau tersebut dapat meningkatkan kenyamanan dan memperindah lingkungan sekitar rumah, media rekreasi semisal panen buah pohon mangga atau rambutan, serta bisa jadi sebagai sarana usaha pertanian yang dapat menghasilkan produk yang bisa di manfaatkan sendiri atau dijual seperti tanaman sayur mayur, buah buahan.

 

Bagaimana tips dan trik dari sisi desain, baiknya meletakkan taman/ ruang hijau di dalam rumah? Usahakan letak taman tersebut dapat di jangkau dan dinikmati baik secara visual atau secara langsung oleh penghuni rumah. Meletakkan taman dekat dengan ruang keluarga atau ruang makan adalah solusi optimal untuk keluarga yang sering berkumpulsembari istirahat atau sarapan pagi bersama. Meletakkan taman kecil di dekat kamar tidur utama merupakan solusi cerdas untuk penghuni yang lebih banyak berada di kamar tidur untuk melepas penat sepulang bekerja.

 

Semoga bermanfaat!

 

mansyurhasan@desember2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *