Tips Membuat Carport Rumah Teduh dengan Tanaman Rambat

Berbagai upaya untuk menambah penghijauan dan vegetasi di areal depan rumah mulai dari menanam tanaman yang unik bertundung besar, tanaman naungan sebagai pereduksi panas sampai dengan menghias bagian carport/garasi terbuka dengan bermacam macam tanaman rambat.

atap rangka carport dengan tanaman markisa (Rumah Surya Asri, Sidoarjo)
atap rangka carport dengan tanaman markisa (Rumah Surya Asri, Sidoarjo)

Kenapa bisa merambat? Karena tanaman rambat pada umumnya berbatang lunak dan merambat dengan sendirinya melalui media yang sudah kita atur dan siapkan, media tersebut bermacam macam mulai dari kayu/pergola, konstruksi rangka besi, kawat ram, dinding bata sampai berupa tali/kawat

 

Berikut tips dan trik sebelum anda memutuskan membuat atap carport/pergola di rumah anda.

  • Hitung ulang luasan carport dan tentukan besaran luasan yang ingin tertutup tanaman rambat, hitung dengan cermat agar supaya cahaya matahari dan sirkulasi udara yang diperlukan masuk kedalam rumah cukup.
  • Buatlah rangka untuk media rambat ini tahan terhadap cuaca dan korosi, tentukan segera jenis tanaman rambat yang tepat dengan konstruksi yang anda pilih.
  • Tentukan jarak dan titik tanam setelah konstruksi carport selesai. Pertimbangkan mengenai alur tumbuh dan rambat serta kecepatan dari masing masing titik tanaman tersebut.
perhitungkan dan atur tumbuh tanaman supaya carport tetap cukup terang dan terlindungi
perhitungkan dan atur tumbuh tanaman supaya carport tetap cukup terang dan terlindungi
  • Pilih dan kondisikan tanah dengan memberi pupuk kandang dan jenis pupuk lain terlebih dahulu
  • Mulailah tanam dan biarkan merambat melalui media yang sudah disiapkan, pangkas dan atur arah rambat supaya tetap menarik dilihat. Lakukan pemangkasan secara rutin dan seperlunya misal 3-4 minggu sekali. Bisa diupayakan jadwal tersebut untuk pembersihan rangka dan media rambat dari daun kering atau ranting tanaman yang tidak diperlukan.
  • Berikan insektisida untuk menghindari virus atau penyakit yang dapat merusak tanaman rambat tersebut.
penentuan titik rambat serta media tanam berpengaruh terhadap kecepatan dan tumbuhnya tanaman rambat
penentuan titik rambat serta media tanam berpengaruh terhadap kecepatan dan tumbuhnya tanaman rambat

Beberapa tanaman pilihan untuk menghias carport/pergola antara lain sebagai berikut : Daun Dolar, Alamanda, Hedera, Morning Glory, jenis Sirih-sirihan. Bila anda tertarik dengan tanaman rambat yang berbuah tidak ada salahnya mencoba tanaman Markisa, tanaman Anggur , berbagai jenis tanaman labu seperti waluh (labu kuning) dan labu siam sebagai tanaman rambatnya.

 

mansyurhasan@november2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *