Cara Mudah Memperbaiki Bak Kamar Mandi Bocor

keramik bak mandi mengalami kebocoran
keramik bak mandi mengalami kebocoran

Kita sering menjumpai dan mengalami kondisi bak mandi yang sudah lama mengalami kebocoran, atau bisa jadi kebocoran terjadi sebelum bak kamar mandi baru dibuat dan digunakan. Pada umumnya kebocoran bak kamar mandi terjadi untuk bak kamar mandi yang terbuat dari batu bata dengan penutup keramik.

Ada 2 cara bagaimana mengatasi dan memperbaiki kebocoran bak kamar mandi keramik. 2 Cara tersebut umum dan lazim terjadi untuk kebocoran kamar mandi keramik.

memperbaiki nat keramik dengan grouter
memperbaiki nat keramik dengan grouter

Cara pertama, periksa kembali apakah kebocoran tersebut karena penutup/stop kran penguras bak bocor atau rusak. Apabila tidak terjadi kerusakan stop kran kurasnya, periksa ulang terhadap isi nat keramiknya apakah ada yang terlepas, rusak atau bahkan sudah hilang? Kalau terlihat nat keramik tersebut banyak yang lubang dan tidak tertutup sempurna, maka lakukanlah pengisian ulang nat keramik bak kamar mandi keramik tersebut. Bisa jadi kebocoran terjadi karena air merembes melalui celah celah nat keramik yang rusak dan kosong tersebut. Pergunakan pengisi nat keramik/grouter, sesuaikan warna grouter dengan warna keramik bak kamar mandi dan aplikasikan dengan teliti dan cara dan petunjuk pengaplikasiannya. Perhatikan jenis grouter dan gunakan grouter yang khusus untuk air yang terendam. Pengaplikasian ini nat dengan grouter bisa dikatakan cukup sederhana dilakukan sendiri tanpa perlu keahlian khusus menggunakan jasa tukang.

bongkar keramik bak mandi sebagai solusi akhir
bongkar keramik bak mandi sebagai solusi akhir

Cara kedua, apabila cara pertama tidak berhasil dan tetap mengalami kebocoran. Maka kemungkinan besar bahwa bak kamar mandi tersebut sudah rusak plesteran bagian dalamnya. Bagaimana untuk memperbaikinya? Berikut langkah langkah untuk memperbaiki bak kamar mandi yang sudah bocor parah

  • Bongkar keramik sisi dalam bak kamar mandi tersebut
  • Plester dengan semen dan aci ulang sisi dalam bak kamar mandi tersebut dan tunggu kering selama 24-36jam
  • Berikan lapisan anti bocor/waterproofing sisi bagian dalam bak kamar mandi tersebut sebelum diisi air, gunakan seperlunya jumlah lapisan waterproofingnya.
  • Tes kebocoran bak mandi, isi bak mandi tersebut dengan air setelah proses waterprofing kering
  • Apabila sudah tidak terjadi kebocoran, mulailah untuk pasang kembali keramik sisi dalam bak kamar mandi tersebut
  • Jangan lupa sempurnakan dengan mengisi nat keramik dengan grouter yang tepat.
  • Tunggu sampai kering 1×24 jam dan isi kembali bak kamar mandi tersebut

 

Semoga tips ini dapat membantu, Terimakasih

 

mansyurhasan@November2015

6 thoughts on “Cara Mudah Memperbaiki Bak Kamar Mandi Bocor

    1. untuk tukang konvensional di lapangan sepertinya masih mengandalkan narik benang pak karena acuannya (mungkin) lebih presisi bagi mereka

  1. di kampung saya banyak yang bilang mengatasi bak bocor dengan semen putih yang dicampur dengan semen biasa. Saya sudah coba. Dan hasilnya,… masih bocor.
    Akhirnya saya pakai kedua seperti yang Agan lakukan. Solusi bak mandi bocor terpecahkan.
    Makasih, gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *