Rumah Kos dan Ruko di lahan sempit dan memanjang

PROJECT DATA :

Project Name : Rumah Kos dan Ruko Kediri, Jawa Timur

Location : Jl. Kediri, Jawa Timur

Status : Perencanaan  (September 2015)

Site Area : Approximately 180 m2

Client/Owner : Bp.Imam Purnama

Note :

‘Rumah Kos Syariah yang sehat dan Tampak Ruko unik ’

Description :

Rumah kos ini direncanakan oleh pemilik sebagai rumah kos syariah, dimana penghuni kos bisa keluarga atau pribadi. Peruntukan kos diinginkan berupa rumah kos untuk harian dan juga untuk bulanan. Dengan semangat rumah kos di lahan yang sempit namun tetap mempertimbangan sirkulasi cahaya dan udara yang sehat.

desain oleh sembilanstudio
desain oleh sembilanstudio

 

Berbatasan dengan gang kecil kampung di sebelah kiri, serta jalan akses menuju Musholla wakaf yang sering di akses masyarakat sekitar lahan, sisi depan adalah jalan utama dan sisi kanan adalah lahan kosong. Site/kavling yang terletak di Kediri, Jawa Timur ini direncanakan dengan semangat rumah kos yang nyaman dan syariah. Peruntukan selain untuk rumah kos di bagian belakang, terdapat Ruko Rumah Toko yang nantinya akan disewakan di sisi lahan bagian depan. Rumah kos dilengkapi dengan KM/WC dalam, area jemuran, dapur serta ruang terbuka sewaktu waktu untuk kegiatan bersama. Ruang tamu, kantor pengelelola dan juga ruang kamar untuk pemilik sewaktu waktu singgah. Konsep tampang menginginkan gaya minimalis namun tetap memperhatikan lingkungan lokal. Didominasi batu bata tempel sebagai tampang utama Ruko di bagian depan, tampak ruko minimalis dengan gaya yang tidak biasa, tidak seperti tampak ruko pada umumnya. Disisi samping bangunan juga mengambil desain senada menggunakan batu bata tempel sebagai ornamen tambahan finishing dinding, beberapa tanaman rambat penutup void/balkon lantai 2 dengan media kawat ram yang berfungsi mengalirkan udara masuk ke dalam areal kos.

 

rumah kos di lahan memanjang
rumah kos di lahan memanjang

 

Ruko di bagian depan rumah kos, direncanakan untuk ruang sewa yang tidak cukup besar seperti toko kelontong, warung, fotocopy atau digital printing. Desain denah rumah kos ini direncanakan pengembangan ke arah sisi kanan lahan sambil menunggu lahan sebelah dijual. Desain kamar kos yang sehat dengan bukaan jendela cukup serta akses servis ke KM/WC tidak terlalu rumit. Desain rumah kos ini memungkinkan penghawaan alami mengingat lokasi di Kediri dengan merencanakan bukaan besar di lantai 2 di sisi kanan dan kiri bangunan. Bukaan tersebut di tutup untuk pengamanan dengan kawat ram sekaligus sebagai media tanaman rambat.

tampak depan ruko dengan pasangan bata tempel di bagian diding fasad nya
tampak depan ruko dengan pasangan bata tempel di bagian diding fasad nya
tampak samping berbatasan dengan gang sebelah
tampak samping berbatasan dengan gang sebelah

 

mansyurhasan@oktober2015

kontak person

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *