Yuks…Sedikit Mengenali Beberapa Jenis Jenis Tirai Jendela

Beberapa istilah penutup jendela yang kadang kita bingung membedakannya. Yuks kita intip secara global apa saja sih jenis jenis tirai yang ada. Mungkin salah satu dari jenis tirai tersebut menarik dan cocok untuk diaplikasikan di hunian kita.

 

Penutup Jendela atau biasa dikenal dengan tirai, berfungsi sebagai alat untuk mengontrol jumlah sinar matahari dan debu yang masuk ke dalam rumah melalui jendela. Secara garis besar tirai atau penutup jendela dibagi beberapa golongan berdasarkan bentuk dan teknis melipatnya, Tirai tersebut antara lain :

 

GORDEN/ TIRAI GESER

Curtain  juga biasa disebut dengan gorden dan sangat sering digunakan untuk hunian. Tirai yang terbuat dari kain ini dapat dibuka-tutup dengan cara menggesernya.

gorden umum dipakai untuk hunian
gorden umum dipakai untuk hunian

Bahan kain yang dipilih dapat menciptakan nuansa tersendiri misalnya beludru yang elegan, sutra, tenun eksotis, atau bahan kain bertekstur lainnya. Motif dan warna yang digunakan perlu dipertimbangkan agar serasi dengan interior ruangan

VITRASE

Jenis ini merupakan tirai tipis yang tetap dapat memasukkan sinar matahari, hanya saja dalam intentisitas kecil. Vitrase juga berfungsi untuk menghalangi pandangan dari luar. Bahan lace atau renda favorit digunakan sebagai bahan vitrase karena bahannya yang tipis. Umumnya jenis tirai ini digunakan untuk hunian rumah tinggal saja. Umumnya vitrase akan sering dicuci setidaknya 3 minggu sekali agar tetap terlihat bersih.

kain tipis putih bernama vitrase
kain tipis putih bernama vitrase

ROLLER BLINDS

Tirai jenis ini dibuka-tutup dengan cara menaikkannya, menggulung ke atas, atau dilipat. Tirai yang dinaikkan dan terlipat lipat disebut dengan roman blind dan tirai yang digulung disebut dengan rolling blind. Bahan dari tirai ini menggunakan beberapa pilihan bahan seperti kain, kanvas, kulit atau bahan katun. Roller blinds sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang direksi, kantor manajemen, caffe, bahkan rumah tinggal yang mempunyai ukuran jendela besar.

 

 

roller blinds, bekerja dengan cara digulung
roller blinds, bekerja dengan cara digulung
roman blinds, dengan cara melipat ke arah atas
roman blinds, dengan cara melipat ke arah atas

VERTICAL BLINDS

Tirai jenis ini dibuka-tutup dengan cara menggeser dengan dibantu seutas tali, menggulung ke samping kanan/kiri, atau dilipat. Vertikal blinds merupakan tirai dengan bilah bilah vertikal berukuran lebar 10-12cm yang berjajar. Bahan dari tirai ini menggunakan beberapa pilihan bahan seperti kain, kanvas. Banyak dipakai untuk ruang perkantoran umum.

vertikal blinds banyak digunakan untuk kantor
vertikal blinds banyak digunakan untuk kantor

 

HORIZONTAL BLINDS/ KERAI

Kerai adalah tirai yang terbuat dari non kain. Jenis ini memberikan privasi pada ruangan.Bentuk ini sangat efisien dan memberi karakter kuat pada ruangan berupa bilah bilah memanjang/horizontal jendela. Alternatif bahannya adalah dari kayu, aluminium, atau kertas. Banyak digunakan untuk rumah tinggal, caffe, ruang belajar dan kantor.

horizontal blind dari bahan kayu, bagus kesan natural
horizontal blind dari bahan kayu, bagus kesan natural

Semoga menjadi ide dan inspirasi pembaca untuk diaplikasikan di hunian atau ruang kantor kita.

mansyurhasan@september2015

One thought on “Yuks…Sedikit Mengenali Beberapa Jenis Jenis Tirai Jendela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *