Tips Mudah Menerapkan Penerangan Alami Pada Rumah

Berada di bagian bumi dekat dengan khatulistiwa yang mempunyai waktu bertemu sinar matahari sesering mungkin merupakan anugrah yang patut kita syukuri. Penerangan alami menjadi salah satu trend yang kini banyak diterapkan dihunian-hunian modern, selain mampu menghemat penggunaan energi, kita juga dapat mengurangi dampak perubahan iklim. Tentunya, dengan sistem pencahayaan alami akan membuat penghuni sebuah hunian menjadi lebih sehat.

teknik rooster, bukaan berupa kaca mati pada dinding untuk memasukkan cahaya dari luar
teknik rooster, bukaan berupa kaca mati pada dinding

Terdapat beberapa kiat bagaimana memanfaatkan penerangan alami di aplikasikan ke dalam rumah tinggal, untuk mendapatkan kesan terang di siang hari sekalius sebagai usaha penghematan energi listrik, antara lain sebagai berikut :

 

APLIKASI PADA DINDING

Sering kita jumpai, penerangan alami diperoleh dari jendela/pintu ruangan. Dengan syarat luasan bukaan jendela/pintu adalah 30% dari total luas dinding, maka ruang tersebut bisa disebut cukup ideal sebagai ruang yang sehat. Beberapa alternatif membuat bukaan selain menggunakan jendela dan pintu adalah menggunakan glassblock (batu bata kaca) atau menggunakan kaca mati

 

Bagaimana mengaturnya?

Apabila kita menghendaki ruang KMWC lebih terang meski sudah terdapat jendela atas/bovelight, maka taruhlah glassblock sebagai pengganti salah satu dinding KMWC yang berhubungan dengan ruang luar/outdoor. Berikan lebar secukupnya agar KMWC tersebut tidak terlalu terang dan silau.

aplikasi glassblock pada salah satudinding KMWC
aplikasi glassblock pada salah satudinding KMWC

Yang sering kita jumpai adalah Ruang Tidur yang tidak mempunyai batas langsung dengan dinding luar, taruhlah kaca memanjang di ketinggian kurang lebih diatas 220-240 cm dari lantai, harapannya kaca tersebut membantu mamasukkan terang cahaya kedalam kamar tidur.

 

APLIKASI PADA ATAP

Teknik penerangan alami pada atap banyak dijumpai pada KMWC, garasi atau gudang. Banyak dijumpai atap tersebut sengaja terbuka dan diberi penutup atap genteng kaca atau bahan atap transparan yang bisa memasukkan cahaya ke dalam ruangan semisal asbes transparan/polikarbonat.

penerapan skylight pada plafond kamar mandi
penerapan skylight pada plafond kamar mandi

Namun sekarang, kreatifitas ide memasukkan penerangan alami tidak hanya berlaku di ruang-ruang tersebut diatas. Ruang keluarga, ruang baca, ruang ibadah atau ruang yang bersifat semi privat sangat mungkin diterapkan. Ya, atap skylight, Skylight sendiri, adalah ventilasi atau bukaan pada atap hunian tinggal yang digunakan untuk meningkatkan intensitas cahaya alami ke dalam ruangan dalam hunian tinggal. Selain menjadi jalan memasukkan cahaya alami, skylight juga menghadirkan indahnya pemandangan langit baik siang ataupun malam. Skylight biasanya berupa jendela kaca yang ditempatkan di langit-langit hunian tinggal.

Kaca penutupnya bisa dipasang terkunci atau bisa dibuka untuk ventilasi udara. Jadi selain cahaya alami, skylight dengan kaca yang bisa dibuka tutup membiarkan udara alami mengalir ke dalam ruangan.

contoh skylight di atap ruang dapur/pantry (google)
contoh skylight di atap ruang dapur/pantry (google)

mansyurhasan@september2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *