Panduan Memilih Warna Ruang Dapur/Pantry

Banyak sekali pertanyaan mengenai bagaimana dan warna apa saja yang cocok untuk ruang dapur/pantry. Idealnya semua kembali ke selera masing masing individu/penghuni misalnya warna favorit atau warna kesukaan bisa menjadi pilihan terbaik untuk warna dinding dan pantry di dapur.Berikut beberapa tips trik bagaimana memilih warna ruang dapur/pantry misalkan apa baiknya warna untuk dinding dapur, warna apa yang cocok ketika di padankan dengan warna lantai/motif keramik lantainya dan warna yang pas dan cocok untuk lemari kabinet dapurnya.

 

Sebelum memutuskan warna apa saja yang dipakai untuk dipilih, hendaknya kita perhatikan warna lantai eksisting atau warna dinding eksisting (kondisi kenyataan di lapangan). Pertimbangan warna tersebut supaya tidak terjadi warna yang tumpang tindih, campur dan gado gado kecuali ada rencana pembenahan merubah/merenovasi pola/corak warna keramik disesuaikan dengan desain warna pantry/dapur bersih.

 

dapur minimalis dengan warna cerah dan aksentuasi
dapur minimalis dengan warna cerah dan aksentuasi ( desain oleh sembilanstudio )

 

Pada contoh gambar interior pekerjaan pantry/dapur bersih rumah Delta Anturium Deltasari, Sidoarjo diatas terlihat warna hijau dan abu abu menjadi warna yang dominan, warna lantai keramik putih merupakan warna netral dan cocok untuk semua warna serta warna dinding eksisting juga berwarna putih. Balutan warna warna tersebut hadir dalam suasana pantry minimalis dan fungsional

 

Perulangan warna putih keramik lantai dan dinding putih dibawa ke beberapa bagian lemari kabinet pantry seperti warna top table granit dan beberapa warna pintu kabinet atas, tidak lupa pemilihan furniture penunjang seperti lemari pendingin, rice cooker, cookerhood atau oven juga mendukung warna yang selaras.

dapur desain minimalis dengan kombinasi warna  tidak lebih dari 3 warna
dapur desain minimalis dengan kombinasi warna tidak lebih dari 3 warna ( desain oleh sembilanstudio )

Warna hijau stabilo sebagai warna aksentuasi secara psikologi warna dapat menyeimbangkan energi, menimbulkan rasa kasih sayang dan meningkatkan sensitivitas dan ketenangan/ rileks.  Aplikasi warna abu abu merupakan warna netral yang cocok untuk diterapkan di segala ruangan namun tetap aplikasinya harus diperhatikan. terlalu banyak bidang warna abu-abu membuat ruangan menjadi kumuh dan tidak elegan. perpaduan warna Hijau, putih dan abu abu sengaja menjadi daya tarik pada warna pantry ini.

 

Warna-warna material dan asesories tersebut membantu membangun suasana ruang. Selalu perhatikan jumlah warna yang hadir jangan lebih dari 3 warna dominan. Komposisinya satu warna netral yang dominan, satu warna sebagai aksentuasi dan warna lain sebagai penyeimbang/penetral dari kedua warna tersebut.

 

mansyur hasan@juni2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *