Ide Renovasi Parsial Rumah 2 Lantai di Lahan 7x14m

Tidak mudah mengatur pengembangan rumah tinggal renovasi dari lantai eksisting menjadi rumah tinggal dengan keinginan kita. Ada anggapan yang sudah beredar di masyarakat bahwa renovasi rumah jauh lebih murah daripada kita membangun dari nol/awal. Anggapan tersebut sekarang belum tentu benar 100% karena biaya renovasi sekarang hampir mendekati atau bisa jadi sama dengan kita membuat bangunan baru/dari nol kalau dihitung per plat luasan rumah terbangun.

tamapk depan minimalis di lahan 7x15
tamapk depan minimalis di lahan 7×15

Salah satu rumah di kawasan Pondok Jati Sidoarjo ini bisa dikatakan denah rumah masih asli sesuai eksisting dari pengembang/ developer. Lahan ini berdiri di lahan 7x14m, menghadap ke arah barat dengan lebar jalan depan 6 m.  Klien berkeinginan untuk pengembangan ruang tidur di lantai 2 dengan budget dana sangat terbatas dan dilakukan secara bertahap. Tampak depan minimalis kontemporer dan didominasi oleh cat dinding warna putih dan permainan batu alam di beberapa titik tampak depannya terasa rumah menjadi lebih cerah dan bersih. Keberadaan garasi sebagai tempat parkir mobil di dalam rumah wajib sifatnya karena klien tidak berkeinginan mobil parkir di jalan atau di carport, pertimbangannya cukup sederhana karena mobil hampir tidak setiap hari terpakai dan tidak ingin mengganggu sirkulasi jalan depan rumah karena tergolong jalur utama keluar masuk kendaraan menuju kompleks perumahan.

denah renovasi lahan 7x14m
denah renovasi lahan 7x14m

Pengembangan lantai 2 dioptimalkan untuk 3 kamar tidur berukuran kecil serta area cuci dan jemur. Balkon di lantai 2 berfungsi sebagai area santai dan juga sarana klien mengembangkan hobi merawat bunga dalam pot. Fungsi skin facade tanaman rambat dengan media rambat kawat ram mereduksi panas langsung dari sinar matahari dari arah barat.

denah renovasi lantai 2 pengembangan rumah minimalis
denah renovasi lantai 2 pengembangan rumah minimalis

 

mansyurhasan@juni2015

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *