Desain Gazebo Minimalis di Taman Belakang

Apa itu Gazebo? Gazebo dapat diartikan sebagai bangunan permanen/semi permanen dengan sisi terbuka di semua sisinya, umumnya dipakai untuk tempat bersantai/beristirahat di taman. Ukuran luas gazebo sangat beragam menyesuaikan bentuk dan ukuran lahan yang ada.

gazebo minimalis dengan kolam di taman belakang
gazebo minimalis dengan kolam di taman belakang ( desain oleh sembilanstudio )

 

Gazebo umumnya terbuat dari kayu, karena dari segi bentuk dan estetika jauh lebih bagus daripada gazebo yang terbuat dari beton/dinding bata. Gazebo kayu lebih mudah dibentuk, mulai dari detail kolom berukir sampai detail railingnya, Penutup atap gazebo kayu juga sangat beragam mulai dari atap ijuk, atap sirap/kayu, atap jerami atau atap asbes.

 

Fungsi gazebo pada umumnya dipakai untuk tempat duduk santai di area taman, beberapa difungsikan sebagai tempat sholat/musholla, sebagian pula digunakan untuk tempat duduk lesehan. Gazebo saat ini bisa diperoleh dengan beli jadi satu unit Gazebo, vendor yang sudah berpengalaman memproduksinya di workshop dan tinggal rakit di lapangan/lokasi sedemikian mudahnya.

 

Beberapa catatan dalam merencanakan gazebo antara lain :

  1. Luas Gazebo, idealnya adalah 2x2m dengan terbuka di semua sisi, namun hal tersebut menyesuaikan kebutuhan
  2. Perbandingan ukuran gazebo dengan luas taman, jangan sampai ukuran gazebo justru membuat area taman berkurang dan terkesan sempit, idealnya perbandingan ukurannya antara 1/4 sampai 1/5 ukuran taman
  3. Letak gazebo, letakkan gazebo di tempat yang tepat misal di tengah, di pojok dan hindari meletakkan gazebo di bawah pohon besar/ pohon buah karena akan merusak dan membuat kotor atap gazebo
  4. Perabot, berikan perabot secukupnya sebagai elemen pendukup gazebo sebagai tempat santai dan istirahat, misal kursi, meja atau rak buku/majalah.
  5. Elemen pendukung, berikan sesuatu yang menambah cantik gazebo misalkan jalan setapak dari batu alam, lampu hias. lampu sorot atau sekedar tanaman hias dalam pot

 

gazebo desain minimalis di taman belakang dengan kolam ikan
gazebo desain minimalis di taman belakang dengan kolam ikan ( desain oleh sembilanstudio)

Pada desain diatas, atap gazebo terbuat dari bahan aluminium plat yang bisa buka tutup atapnya, sewaktu hujan atau sinar matahari terik, penutup atap tersebut bisa dilipat sehingga bagian bawah atap tidak terkena hujan/panas langsung. harga model penutup atap seperti bisa dikatakan cukup mahal namun dari segi estetika dan fungsi sangat direkomendasikan bagi mereka yang menginginkan atap sewaktu waktu bisa di buka dan ditutup. Vendor atap seperti itu biasanya memberi garansi cukup lama untuk servis dan penggantian part, ada juga salah satu vendor terkemuka memberi garansi servis/ganti seumur hidup apabila rusak (syarat tertentu).

 

mansyur hasan @juni2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *