Desain Taman dan Kolam Ikan Minimalis (1)

Kolam ikan bisa menjadi elemen interior di dalam rumah atau eksterior rumah yang menarik. Beberapa orang menginginkan suasana rumah yang alami, segar dengan salah satunya menghadirkan kolam ikan atau kolam air mancur di dalam atau di sekitar rumahnya. Dulu, kolam ikan dianjurkan terletak di tanah lapang yang lebar dan luas dengan sirkulasi udara yang baik dan terpapar cahaya cukup untuk menjaga ekosistem air kolam, namun sekarang keterbatasan lahan terutama di lahan perkotaan membuat kita harus bisa memanfaatkan ruang/space sebaik mungkin dan kolam ikan bukanlah hal yang tidak mungkin diwujudkan.

 

Beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membuat dan mendesain kolam ikan di lahan terbatas adalah sirkulasi udara lancar, pertukaran udara yang baik dan sebisa mungkin mendapatkan sinar/terang cahaya dari luar. Kategori lahan terbatas ini bisa bermacam macam, bisa taman didalam rumah, taman tengah atau disekitar belakang/samping rumah memanfaatkan lahan yang optimal untuk dibuat taman/kolam ikan minimalis yang cantik.

Dalam membuat kolam ikan juga harus diperhatikan faktor penting untuk menjaga kualitas air yang jernih dan bening merencanakan bak filter kolam. Bak filter kolam ini berfungsi untuk menyaring, membersihkan dan mengalirkan kembali air yang sudah bersih ke bak kolam utama sehingga kejernihan air kolam tetap terjaga. Bak kolam filter terdiri dari 3 ruang/sekat kecil yang masing masing sekat terdiri dari bak penampungan dari kolam , filter batu zeolit/bioball, dan sekat terakhir bak penampungan air yang sudah terfilter dan siap dialirkan ke kolam utama dengan pompa air. Dimensi atau ukuran filter ini bisa menyesuaikan dengan ukuran dan lahan yang ada.

desain oleh sembilanstudio.com
desain oleh sembilanstudio.com

Desain pada gambar diatas merupakan salah satu desain kolam ikan minimalis di lahan terbatas, dengan memanfaatkan lahan sisa 2m x 3.5m di dekat ruang keluarga, pemilik menginginkan desain kolam ikan yang menarik, cantik, segar, minimalis yang bisa dibuat untuk menyegarkan kembali  terutama ketika duduk sembari nonton TV di ruang keluarga. Letak filter kolam ikan pada desain tersebut berada di sisi teras dengan penutup lantai kayu solid yang sewaktu waktu bisa dibuka untuk mengganti batu bioball/zeolit filter kolam ikannya serta untuk servis dan maintenance pompa air apabila ada gangguan. Lantai kaca dengan rangka besi hollow direncanakan selain untuk menambah luasan kolam ikan dan ruang gerak ikan, juga menambah cantik dan kesan minimalis memanfaatkan material kaca untuk lantai teras kolam.

 

Pemilihan batu alam candi ( batu alam hitam ) menambah suasana alam dan natural dengan menambah beberapa pot bunga favorit sebagai elemen estetika kolam ikan. Pilih dan pakailah batu alam dengan motif dan corak terang untuk elemen dinding kolam ikan seperti pada gambar desain ditunjukkan dengan batu alam berwarna putih/kuning. Pilihan batu alam untuk dinding seperti jenis batu paras putih, batu paras jogja, batu paliman atau batu bobos/batu andesit yang berwarna cerah. Kreatifitas dengan menambah unsur air yang jatuh atau mengalir di dinding dari atas dan jatuh ke kolam ikan merupakan ide yang sangat baik dan cantik, jangan lupa perhatikan titik jatuh air ke kolam supaya tidak tampias dan ciprat air tidak membasahi teras dekat dengan ruang keluarga dengan mengatur ketinggian titik air jatuh atau volume air yang jatuh ke bak kolam ikan. Untuk merawat batu alam tetap bersih dan tidak mudah kotor, gunakan coating/cat pelapis khusus untuk batu alam. @Mei2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *