Apa itu Plywood, MDF dan Partikel Board ?

Terdapat beberapa jenis material kayu yang sering dipakai untuk kebutuhan furniture/mebel selain kayu solid. Kayu solid merupakan material yang mudah didapat, dijumpai dan umum dipakai untuk furniture mulai dari kursi, lemari, meja, dipan tempat tidur, lampu dsb karena disamping mudah didapat juga mudah untuk dibentuk sesuai keinginan. Namun, dengan keterbatasan bahan dasar kayu solid yang semakin langka membuat harga furniture/mebel kayu solid menjadi mahal.

 

Berikut beberapa material kayu untuk furniture sebagai alternatif pengganti kayu solid.

 

Plywood/Multipleks adalah papan material yang tersusun dari beberapa lapis kayu melalui proses perekatan dan pemampatan tekanan tinggi . Plywood terdiri dari kombinasi lapisan serat serat kayu dan  kulit kayu dengan lapisan permukaan luar lebih kuat daripada lapisan tengah yang berfungsi untuk mereduksi pemuaian dan tekanan tekuk. Sifat dasar plywood tidak mudah untuk di tekuk, lebih tahan cuaca dan mudah dibentuk terutama untuk pembuatan furniture rumah tinggal.

gambar Plywood
gambar Plywood ( via google)

Terdapat beberapa jenis Plywood yang bisa kita temukan di pasaran yaitu plywood dari kayu pinus, dari kayu sengon dan plywood dari kayu sungkai. Harga plywood ukuran standar perlembar 120x240cm menyesuaikan varian ketebalan plywood yaitu 6mm, 9mm, 12mm, 15mm, 18mm dan 24mm.

 

Kelebihan plywood/multipleks :

– kuat terhadap cuaca dan daya tekuk

– lebih kokoh sebagai rangka utama furniture/mebel

– lebih tahan terhadap air

Kekurangan plywood :

– beberapa kualitas plywood tidak memiliki permukaan mulus dan halus, kadang ditemukan permukaan yang bergelombang

– sifat keras dan untuk menggabungkan beberapa plywood perlu menggunakan paku tembak atau paku besi biasa

– presisi ketebalan kurang bagus

– sulit untuk langsung difinish misal di cat dinding

 

Medium-density fibreboard (MDF) adalah papan material yang tersusun dari kombinasi serat kayu dan serbuk kayu yang dipadatkan dalam tekanan dan temperatur suhu yang tinggi dengan bantuan resin dalam prosesnya. Seperti halnya plywood, MDF banyak dipakai untuk rangka furniture/ mebel. Permukaan MDF jauh lebih halus dan lebih rata dibandingkan dengan permukaan plywood.

gambar MDF ( via.google)
gambar MDF ( via.google)

MDF juga memiliki ukuran standar 120cmx240cm dengan varian harga mengikuti ketebal MDF yaitu 3mm, 4mm, 6mm, 9mm, 12mm, 18mm dan 20mm

 

 

Kelebihan MDF :

– permukaan lebih halus dan lebih rata

– fleksibel dan mudah untuk ditekuk untuk dijadikan alternatif rangka furniture

– harga lebih murah daripada plywood

– presisi ketebalan materialnya bagus

– mudah untuk langsung di finish misal di cat

Kekurangan MDF :

– ketahanan kurang bagus terhadap air

– mengandung bahan kimia yg sedikit menggangu terutama bagi yang alergi, gangguan pernafasan

– lebih mudah untuk patah

 

Partikel Board adalah papan material kayu yang tersusun dari serbuk gergaji, dipadatkan melalui proses secara kimia dengan tekanan dalam suhu tinggi. Harga Partikel board jauh lebih murah daripada Plywood dan MDF dengan permukaan papan biasanya sudah terlapisi veneer/ lapisan kayu. Beberapa produsen furniture/mebel banyak menggunakan bahan ini sebagai rangka furniture karena disamping harga material dasarnya lebih murah juga dalam proses finishing misal dengan menggunakan veneersheet bisa menekan harga penjualan furniture tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan furniture rangka MDF atau Plywood/multipleks.

gambar partikel board ( via google)
gambar partikel board ( via google)

Kelebihan Partikel Board :

– berat material lebih ringan

– harga lebih murah dan ekonomis dibanding Plywood dan MDF

 

Kekurangan partikel board :

– tidak tahan air dan ruang yang lembab

– permukaan kurang halus

– lebih sukar dalam finishing misal di cat

– mudah keropos dan mudah untuk hancur

 

@Mei2015

13 thoughts on “Apa itu Plywood, MDF dan Partikel Board ?

  1. Yang paling utama ketahui dulu bahan dasar kitchen set agan-agan semua apakah berasal dari Partikel board, MDF atau plywood. Semua bahan ini ada kelebihan dan kekurangannya.

  2. Ralat//
    Klo utk kitchen set pling bgs pke apa ya gan… jd bingung milih bahannya. Tts utk rak tv juga hrs pke apa.
    Satu lgi gan yang dmksd venershet itu sama ga dng pvc sheet yang sring aq jumpai di toko bangunan sini.

    1. standart untuk material kitchen set dan rak tv adalah plywood/multipleks, finishing bisa duco/melamin/hpl dsb pak,,,terimakasih

      1. Bagaimana dengan polyester plywood pak?
        Sepertinya bagus untuk kitchen set tidak perlu finishing lagi.

  3. Sore pa. Toko yang jual MDF 4,5 ,9 mm di daeraah tangerang dimana ya ?? Dan sekalian ada tempat buat dipotong sesuai ukuran nya..

    1. kami, PT. Dekorplas Indah,di jl Manis IV No. 3,Jatake, Tangerang (5913219) siap menyediakan mdf & memotong ukuran sesuai keinginan Anda/.Trimakasih

  4. ada yang tahu wpc? wood plastic composite.. apakah sama dg particle board ya? bagaimana dg kualitasnya dibanding alternatif diatas?

  5. Salam hormat,

    Saya ingin tanya. Apakah bahan fiber cement board/silica board bisa digunakan sebagai alternatif bahan baku pembuatan furniture? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *