(ARS) rumah minimalis lahan 10×20 dengan kamar tidur anak luas

PROJECT DATA :

Project Name : Rumah Tinggal Kali Kepiting Surabaya

Location : Perumahan Dosen ITS Kallikepiting, Surabaya

Status : Pelaksanaan (Januari 2013)

Site Area : Approximately 220 m2

Client/Owner : P.Yasir Salim, Nyamplungan 75 Surabaya

Principal Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : –

Images/Photos : 3dsMax, photo by Mansyur Hasan Wahyudi

 

Note :

‘Menciptakan kenyamanan dan kelegaan melalui tata ruang lapang ’

 

Description :

tampak perspektif rumah
tampak perspektif rumah

Rumah tinggal Kali Kepiting berada di kompleks area perumahan dosen ITS Kali Kepiting, Surabaya. Konsep perencanaan rumah ini merujuk rumah singgah yang nyaman dengan kebutuhan kamar utama yang besar dan kamar anak yang besar untuk 3 orang anak dan cukup hanya rumah 1 lantai saja.

Perencanaan awal denah tata ruang zoning sangat sederhana dengan tatanan ruang utama ada di sisi kiri lahan, ruang tengah sebagai area umum dan ruang sebelah kanan adalah ruang servis. Ruang utama meliputi kamar tidur anak dan kamar tidur utama, yang khusus untuk kamar anak membutuhkan kamar cukup besar untuk menampung 3 anak dalam satu ruang kamar. Kien menginginkan suasana akrab, rukun dan teposeliro antar masing masing anak, karena itu kamar anak sengaja dibuat jadi satu kamar. Posisi kamar tidur utama di sisi belakang dilengkapi dengan KM/Wc menghadap ke area taman belakang. selain itu, Klien menyiapakan kamar tidur tamu dijadikan satu ruang secara berkala dengan ruangan mushola. Menggunakan kasur lipat dan pintu sliding/geser untuk mempermudah dan meminimalisir kebutuhan ruang menjadi sempit. Keberadaan kamar tidur tamu tersebut bersifat tentatif karena tidak setiap minggu ada tamu menginap.

denah 13

tampak depan rumah
tampak depan rumah
tampak perspektif depan
tampak perspektif depan

 

Konsep desain taman belakang adalah kembali ke alam dengan maksud menghadirkan unsur air, batu dan tanaman di belakang area rumah sebagai penghawaan serta view yang bagus dari arah dalam rumah. Kolam ikan dibuat secukup mungkin ukuran/dimensi ruang yang ada, batu alam ditempel di dinding belakang dan dialiri air terjun di sisi dinding batu alamnya. Pemilik menginginkan area ini menjadi area yang santai untuk berkumpul keluarga sehingga dibuat kombinasi taman belakang berupa kolam, rumput dan air terjun di dinding.

desain taman belakang
desain taman belakang

Mengenai desain interior dioptimalakan hanya untuk mkamar mandi terlebih dulu, berikut beberapa desain km/wc rumah kalikepiting.

area kmwc11 desain minimalis kamar mandi
desain KM?WC kamar Utama
area km wc kamar anak04
desain KM/WC anak
desain area kering KM/WC utama
desain area kering KM/WC utama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *