( INTERIOR ) PANTRY RUMAH GEDANGAN

“ STRAIGHT LINES AND CLEAN ”

PROJECT DATA :

Project Name : Pantry Unit Winarno’s Home

Location : Perum Nagoya Jl Raya Nagoya no.2 Gedangan Sidoarjo, Jawa Timur

Status : Terbangun (Maret 2011)

Site Area : Approximately 8 m’ long desk

Client/Owner : Winarno, Sidoarjo Jawa Timur

Principal Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : sembilanstudio teamworkshop

Images/Photos : Rendering with 3dsMax7 Studio

 

Note :

‘ bermain dengan garis dan bidang transparan’

 

Description :

Aspek terpenting keinginan klien ketika berada di rumah adalah berlama-lama di ruang dapur bersih dan meja makan, klien menghendaki tempat ini sebagai ruang sosialisasi pertama sebelum ruang santai. Hobi memasak sang istri menjadi alasan kedua menginginkan suasana ruang pantry bersih dan tertata rapi. Ketepatan waktu dalam perencanaan rumah tinggal memudahkan pembuatan satu set pantry/dapur bersih ini bisa dinikmati saat pertama kali rumah dihuni.

 

Penataan fungsi, kenyamanan dan pola aktifitas memasak digambarkan secara teknis dengan porsi dan tata letak meja masak, meja saji, kompor, cucian dan tempat menyimpan. Kegiatan tersebut menjadi dasar perencaan pola aktifitas di dapur bersih secara umum. Lebih dekat pintu servis/garasi merupakan posisi ideal ruang dapur sebagai esensi nyawa sebuah hunian rumah tinggal.

 

Penawaran desain yang lugas, sederhana, terdiri dari garis garis horizontal sangat beralasan tanpa mengindahkan aspek fungsi sebagai tempat memasak dan menyimpan beberapa peralatan dapur. Handle lemari simpan terintegrasi dengan meubeler untuk mendapatkan kesan bersih/clean serta permainan bahan transparan kaca buram/kaca sunblast hadir melalui pintu pintu lemari simpan. Kombinasi engsel hidrolis menjadi satu dari inovasi desain untuk pintu lemari atas kaca berukuran lebar. Material kaca juga sebagai daya tarik sederhana namun lugas dengan memanfaatkan kaca sunblast warna di bagian dinding antara lemari atas dan bawah.

 

Karena besarnya faktor kecintaan dan keinginan klien mewujudkan dapur bersih impian, tidak ragu klien menggunakan produk elektronik dapurnya menggunakan merk ternama, baik untuk lemari es 2 pintu dengan dispenser, oven, microwave, kompor, dan penghisap asap/cookerhood. Asesories untuk rak piring, rak botol serta laci pisau sudah terintegrasi di dalam lemari unit bawah, dan ruang simpan gelas berada di lemari unit atas. Meja island/meja tengah difungsikan sebagai pendukung dan tempat simpan yang lebih banyak untuk peralatan dapur dan alat makan. Hal tersebut merupakan keberhasilan perencana untuk meyakinkan produk dan desainnya bisa diterima secara aplikatif di lapangan.

Pemilihan bahan finishing menggunakan kombinasi cat minyak setara cat mobil dengan teknik semprot/spray, cat kayu berbasis air melamin, material handle aluminium stainless,  kaca tempered khusus untuk meja makan serta beberapa titik artifisial lighting spotlight di beberapa sudut lemari atas transparan dan meja island/meja tengah.

desain minimalis interior pantry
photo by mansyur hasan w

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *