(ARS) RUMAH RANDUAGUNG GRESIK

PROJECT DATA :

Project Name : Rumah Tinggal Gresik

Location : Jl.Taman Brantas 32 Randuagung Gresik, Jawa Timur

Status : Perencanaan (Maret 2008)

Site Area : Approximately 153 m2 with 2 floor level

Client/Owner : ibu Puji, Gresik, Jawa Timur

Principal Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : –

Images/Photos : 3dsMax, photo by Mansyur Hasan Wahyudi

 

Note :

‘Menciptakan persepsi minimalis warna monokromatik abu abu dikombinasikan batu alam ’

 

Description :

Rumah renovasi ini diperuntukkan untuk putrinya yang beranjak segera menikah. Dengan sedikit merubah tampilan tampak depan serta menambah ruang dalam terutama di lantai 2. Serta penambahan ruang area servis di bagian belakang

 

Perubahan mayor renovasi rumah tinggal ini direncanakan untuk menambah beberapa ruang tambahan seperti 2 ruang tidur serta ruang terbuka untuk acara keluarga dengan kebutuhan ruang besar. Ibu Puji menghendaki ruang bawah diperuntukkan untuk ruang semi privat sedangkan untuk ruang bersama khusus untuk agenda acara keluarga direncanakan di lantai 2 rumah tinggal.

 

Perencanaan tanggap lingkungan setempat dengan meminimalisir penggunaan AC dan penggunaan pencahayaan buatan di siang hari sangat  ditekankan oleh ibu Puji. Perletakaan taman belakang di area lantai 1 sangat memungkinkan memasukkan udara segar kedalam rumah melalui ruang dapur dan pantry. Pemisahan area servis meliputi ruang tidur pembantu, area cuci dan jemur menambah volume ruang terbuka dan menciptakan area taman belakang lebih luas. Penghubung rumah tinggal utama dengan area servis hanya direncakan sedikit tapak kecil dan atap tanpa mengurangi luasan serapan tanah area taman belakang.

 

Frekuensi pertemuan keluarga ibu Puji sangat tinggi sehingga beliau menginginkan untuk ruang bersama dalam skala besar sewaktu waktu digunakan untuk acara keluarga. Hal tersebut difasilitasi dengan ruang keluarga dan ruang tamu di lantai 2 dengan sengaja tidak memberikan beberapa sekat ruang atau pun partisi sei permanen dan dibiarkan diisi dengan furniture sofa dan meja ala kadarnya.

 

Penghawaan alami sangat diperhatikan melalui kualitas sirkulasi udara yang baik dengan keberadaan jendela jendela panjang di bagian tampak depan dan belakang, kisi kisi besi/aluminium, bovenlight/roster kayu dan lantai void untuk mengalirkan udara dari lantai 1 ke lantai 2 bahkan sebaliknya.

 

Finishing batu alam memberi sentuhan natural minimalis dengan pilihan batu cetak mesin warna hitam, dipadukan dengan warna abu abu dan putih cat dinding dan kusen serta warna merah sebagai warna penangkap mata di bagian tampak depan terutama pilar carport dan frame dinding kamar depan. (Juli2011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *