( ARS) RUMAH CINTA YATIM

“ REFLEKSI DAN SIRKULASI TROPIS”

PROJECT DATA :

Project Name : Rumah Cinta Yatim

Location : Jl.Gayungsari Surabaya, Jawa Timur

Status : Perencanaan Desain (Mei 2007)

Site Area : Approximately 1.000m2 with 3 floor level

Client/Owner : Panti Asuhan Yayasan Dana Sosial Al-Falah YDSF Cabang Surabaya

Principal Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : None

Images/Photos : Rendering with 3dsMax7 Studio

 

Note :

‘Pemilihan pencerminan organisasi ruang dalam dan fasade tanggap iklim setempat’

 

Description :

Berlokasi di daerah Gayungsari sekitar kawasan Masjid AL-Akbar Surabaya, klien menginginkan rumah untuk anak-anak yatim piatu dengan konsep kebersamaan, kekeluargaan dan kepekaan sosial penghuninya. Target keinginan klien adalah membangun jiwa sosial pribadi penghuni Rumah Yatim ini agar siap terjun ke masyarakat.

Organisasi ruang terbuka untuk ruang bersama sebagai kebutuhan mendasar Rumah Yatim direncanakan untuk memfasilitasi keragaman sosial antara anak-anak yatim piatu dan sarana sosialisasi tiap individu penghuni. Hal tersebut terlihat dalam perencanaan denah desain lantai 2 dan lantai 3. Sedangkan di lantai dasar difasilitasi ruang bersama umum semisal ruang rapat, aula, musholla, ruang baca dan kantor administrasi.

Tanggap iklim ventilasi alami dengan banyak bukaan jendela di bagian fasade untuk mengalirkan udara dari luar dipenuhi dengan jendela transparan kaca kombinasi jendela kisi-kisi. Terdapat lantai balkon, void dan lantai servis di sisi samping kanan dan kiri bangunan menambah jumlah udara menuju ruang dalam. Kamar tidur direncanakan seideal mungkin berupa bukaan jendela kaca dan kisi-kisi yang besar dengan mempertahankan potensi tropis dengan lingkungan sekitar

Pemilihan material finishing cat dinding dan cat kayu dengan pelarut air ramah lingkungan serta pemakaian batu alam di beberapa sisi dinding tampak depan untuk mendapatkan kesan tampak tropis, alami tanpa mengurangi nilai estetika dan identitas sebagai rumah hunian dikhususkan untuk anak yatim piatu Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. (Juni2011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *