( ARSITEKTURAL) ”POINT OF INTEREST FACADE ”

 

PROJECT DATA :

Project Name : SISWA Bookstore and Stationery

Location : Jl.Raya Pasirian Tempeh, Lumajang, Jawa Timur

Status : Perencanaan (Februari2013)

Site Area : Approximately 120 metressquare

Client/Owner : Kiki Zhu

Principal Design : Mansyur Hasan Wahyudi

Main Building Contractor : –

Images: Rendering with 3dsMax2009 Studio

Photos : –

 

Note :

‘Tampak luar minimalis dengan point interest pembeda dari fasade sekitar’

 

tampak minimalis toko buku
tampak minimalis toko buku

 

Description :

Tempeh adalah salah satu kecamatan kecamatan kecil di sisi selatan kota Lumajang, Jawa Timur. Jalan protokol kecamatan Tempeh selalu dilewati truk truk besar penambang pasir Lumajang yang merupakan satu satunya akses jalan dari laut selatan dan hilir sungai Gunung Semeru.

 

Toko siswa sudah berdiri sejak lama sekitar 15 tahun yang lalu dengan ukuran awal mulanya hanya 36m2. Searah perkembangan, toko Siswa menjelma menjadi salah satu toko buku yang menyediakan lengkap peralatan tulis, buku, majalah dan perlatan perkantoran di wilayah kecamatan Tempeh. Bahkan toko Siswa sekarang melayani foto studio untuk KTP dan Wedding. Toko Siswa ini merupakan toko buku kedua setelah toko Siswa yang ada di jl.Pulo, Tempeh Lumajang.

 

tampak depan minimalis toko buku
tampak depan minimalis toko buku
tampak minimalis toko buku
tampak minimalis toko buku

Ide dasar tampak depan adalah pemilik menginginkan bentuk tampak depan minimalis kontemporer, karena     di daerah Tempeh belum ada tampak depan minimalis dan tampak depan kontemporer. Terdapat 2 alternatif tampak diajukan kepada klien. Alternatif tampak pertama mengambil bentuk dasar kotak kotak dengan bukaan besar berupa kaca tempered di lantai 2. Sedangkan alternatif tampak kedua mengambil bentuk dasar kotak dengan bukaan berupa bentuk lingkaran/bulat di beberapa sisi depan tampak dan sisi pagar depan. Pengamanan pintu harmonika mutlak diperlukan mengingat jalan utama depan merupakan jalur utama menghubungkan ibukota kabupaten dengan kecamatan-kecamatan di sisi selatan kota Lumajang

 

tampak perspektif minimalis toko buku
tampak perspektif minimalis toko buku

Alternatif tampak minimalis kontemporer yang kedua dipilih klien karena menganggap tampak depan tersebut belum ada di kawasan Lumajang. dengan bentuk tampak minimalis dengan lubang lubang jendela kaca berbentuk bulat/lingkaran unik dan menarik untuk dilihat dan dinikmati. Perulangan bentuk lubang jendela kaca tersebut juga muncul di pagar depan toko. Tidak ada rumus atau perhitungan jumlah jendela lubang kaca tersebut karena pertimbangan toko tersebut menghadap kearah Barat dengan intensitas cahaya di siang hari yang tinggi.

 

denah perencanaan toko
denah perencanaan toko

 

denah perencanaan toko
denah perencanaan toko

Perencanaan toko Siswa menggunakan penghawaan alami sehigga membutuhkan cross ventilation yang baik yang diletakkan di atas dinding fasade depan berupa lubang besar memanjang sepanjang lebar toko mirip bovenlight untuk memasukkan udara dan masuk di bawah plafond ( Juni2013)

One thought on “( ARSITEKTURAL) ”POINT OF INTEREST FACADE ”

  1. arsiteknya unik n saya berminat utk mendapatkan desain tersebut> bagaimana saya mendapatkan gambar tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *