( INTERIOR ) ”PLAYING ON THE LIBRARY ROOM ”

 

PROJECT DATA :

Project Name : Library Room for Junior High School

Location : RSBI SMPN 2 Bojonegoro Jl.DR Wahidin 82 Bojonegoro, Jawa Timur

Status : Terbangun (Oktober 2011)

Site Area : Approximately 68 metressquare

Client/Owner : SMPN 2 Bojonegoro, Surabaya Jawa Timur

Principal Interior Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : sembilanstudio

Images: Rendering with 3dsMax7 Studio

Photos : Mansyur Hasan W

 

Note :

‘memberikan gairah baru perpustakaan yang menyenangkan’

 

photo by Mansyur Hasan
photo by Mansyur Hasan

Description :

Dengan berkembang pesatnya teknologi digital di era milenium, keberadaan sarana ruang baca seperti perpustakaan, book corner atau sejenisnya sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian besar penikmat buku. Namun hal tersebut tidak perlu dirisaukan karena sebagian besar pembaca/penikmat buku akan lebih santai, lebih nyaman dan lebih mendalami apa yang dibacanya melalui buku konvensional berupa kertas bukan buku digital semacam ebook dan sebagainya.

 

Begitu juga rancangan awal desain interior sebelum diwujudkan ruang perpustakaan di SMP Negeri 2 Bojonegoro ini mempunyai misi bagaimana mewujudkan ruang baca yang lebih menarik, lebih nyaman, lebih indah dibanding dengan ruang perpustakaan pada umumnya. Sehingga pembaca terutama siswa SMP Negeri 2 Bojonegoro jauh akan menghargai, menikmati dan lebih sering menghabiskan waktunya di Perpustakaan Sekolah

317145_2558834767337_1934729827_n

Permintaan klien sangat jelas, bagaimana menyulap sebuah ruang perpustakaan yang tidak membosankan, nyaman untuk di tempati , menarik untuk disinggahi dan pastinya ingin berlama-lama dengan buku di dalam ruangan tersebut. Ruang baca sebagai ruang utama dioptimalkan dengan 2 konsep berbeda antara konsep baca duduk dan konsep baca ‘lesehan’. Rak buku yang lebih menarik dan mudah untuk di dapat, ruang pustakawan dan area presentasi karya siswa dengan disediakannya LCD screen.

 

photo by Mansyur Hasan Wahyudi
photo by Mansyur Hasan Wahyudi

Tata layout dibuat sesederhana mungkin dengan deretan lemari buku besar/tinggi di satu sisi dan area baca duduk/ lesehan di sisi lainya. Hal tersebut menjadi pertimbangan mengingat untuk menciptakan sirkulasi yang nyaman karena di sisi ruang lain terdapat akses menuju ruang digital library dan ruang pustakawan. Area baca dibagi lagi dengan area baca duduk di meja, meja tersebut dapat dipindah pindah dibentuk seperti lay out meja diskusi dan ada pula area baca lesehan yang dilengkapi dengan LCD screen untuk presentasi.

 

render by sembilanstudio
render by sembilanstudio

Rak/Lemari besar di salah satu sisi didesain sangat ramping, ruang berkonsep minimalis dan disesuaikan dengan bentuk dan ukuran buku secara umum. Penggunaan ukuran lemari bentuk ramping, tipis dan warna yang cerah memberi kesan lega, lapang, dan cukup menarik untuk mendekat ke area rak buku. Terdapat pula rak buku di ujung tiap lemari besar disebut rak buku ekslusif yang direncanakan untuk memajang buku buku terbaru/majalah terbaru di perpustakaan sekolah SMP Negeri 2 Bojonegoro.

 

Di area pustakawan, dibentuk konsep sederhana meja tinggi seperti meja bar/loket untuk memberi suasana yang baru area pustakawan, dengan meja pendek didalamnya dimana pustakawan beraktifitas tanpa keberadaannya bisa mengganggu kenyamanan pembaca/ pengguna ruang perpustakaan meskipun secara tidak langsung pustakawan bisa mengamati keseluruhan ruang area baca perpustakaan

 

Panel poster pendukung ditempel di dinding untuk memberikan estetika dan mengisi bidang bidang kosong dimanfaatkan sebagai upaya upaya positif menambah nilai ruangan, memberi inspirasi pengunjung perpustakaan dan meningkatkan rangsangan positif untuk selalu gemar membaca.

 

render by sembilanstudio
render by sembilanstudio

Pemilihan warna dasar keseluruhan Ruang Interior Perpustakaan Modern dibangun dan dikonsep oleh perencana desain interior Sembilanstudio dipilih warna yang netral, hangat, cerah dan ceria. karena itu, dipilih warna dominan putih dan warna kuning bertekstur kayu untuk mendapatkan kesan hangat dan cerianya. Warna netral abu abu hadir sebagai warna penetralisir ruang yang diaplikasikan di beberapa sisi dinding. Kombinasi warna kayu dan warna putih berhasil memikat siswa untuk lebih gemar berkunjung ke perpustakaan tersebut.

 

Bahan dasar mebeler yang dipakai adalah multipleks/plywood dengan finish spray cat duco serta kombinasi warna dan tekstur kayu teakwood @ Februari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *