( INTERIOR )’GRIYA CANTIK’ SALON DAN TOKO BAJU

 

PROJECT DATA :

Project Name : Griya Cantik Jasmine

Location : Jl. Raya Genteng 135B Banyuwangi, Jawa Timur

Status : Terbangun (Oktober 2009)

Site Area : Approximately 85m2 on base floor level

Client/Owner : Aris Khoirudin, Jl.Raya Banyuwangi, Jawa Timur

Principal Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : Adanta Interior

Images/Photos : Rendering with 3dsMax7 Studio

 

 

Note :

‘ Tempat usaha lapang dilahan lebar terbatas’

 

Description :

Memanfaatkan ruko yang baru saja terbeli dan besarnya potensi lokasi di jalur utama provinsi menghendaki pemilik untuk mendirikan pusat kecantikan dan toko baju souvenir khas Banyuwangi. Perencanaan desain diselesaikan dalam waktu 2 minggu dengan estimasi waktu sebelum Hari Raya Lebaran 2009 harus sudah peluncuran pembukaan salon dan toko.

Pendekatan desain yang sederhana, lugas, cerah dan feminim sangat kental terasa di setiap sudut interior ruang berlebar 5 m ini. Area umum meliputi ruang toko, administrasi, salon, meni pedi dan ruang tunggu berada di bagian depan, sedangkan area spa dan lulur berada di sisi belakang ruko sepanjang 17m ini. Garis lengkung berwarna jeruk ‘orange’, bentuk dan penempatannya diasumsikan simbol feminisme wanita sebagai objek utama pelayanan. Bentuk sederhana, simple tanpa ukiran, penggunaan warna cerah  dan permainan ketebalan garis merupakan ciri khas penawaran untuk desain salon Jasmine tersebut.

Desain penghawaan di implementasikan di lapangan idealnya adalah penghawaan buatan menggunakan Air Conditioner (AC) split untuk kenyamanan konsumen/customer salon spa Jasmine. Klien sangat paham dengan beberapa konsumen langganannya kapan dan seperti apa perilaku saat mereka memanfaatkan jasa salon, spa dan lulur. Begitu pula keinginan klien mendapatkan sisi jualan berupa asesoris dan baju meski hanya beberapa potong saja.

Strategi perencanaan elektrikal dibuat dengan menggunakan sebagian besar listrik PLN dan sebagian atap tertutup transparan berupa material kaca dan polikarbonat di bagian belakang. Hal tersebut untuk mendapatkan cahaya alami dan membantu penerangan di bagian belakang area salon ruang spa dan lulur. Inovasi desain memanfaatkan cahaya langsung matahari di siasati dengan permainan bentuk di sisi plafondnya.

denah renovasi salon dan spa banyuwangi

Meubeler/ furnitur terbuat dari kayu olahan berupa bahan utama plywood/multipleks, kayu solid dan bambu, sedangkan material finishing menggunakan cat tembok dan cat pelapis kayu berkelas standart menengah. Hadirnya wallpaper motif batik dan sulur di beberapa dinding tertentu meningkatkan kesan  feminim dan lembut, ditunjang pula neon sign bergambar poster poster kecantikan menambah nilai fungsi positif sebagai sarana merias dan memanjakan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *