( ARSITEKTUR) “ RUMAH MINIMALIS DENGAN DUA WAJAH”

PROJECT DATA :

Project Name : Rumah Tinggal Perak

Location : Jl.Pahang 10, Perak Timur, Surabaya, Jawa Timur

Status : Terbangun (Oktober 2009)

Site Area : Approximately 500 m2 with 2 floor level

Client/Owner : Bpk. Donny Surya, Perak, Surabaya

Principal Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : owner

Images/Photos : 3dsMax, photo by Mansyur Hasan Wahyudi

 

Note :

‘Dualisme wajah bangunan lahan berpunggungan ’

 

Description :

Pada mulanya rencana membangun rumah di lahan kosong jalan Pahang sudah hampir teralisasikan. Namun secara kebetulan lahan di belakang rumah dijual maka owner segera menindaklajuti untuk dibeli.

photograph by mansyur hasan wahyudi

Keinginan utama ownerpun tidak terlalu muluk muluk dengan lahan yang sangat luas untuk dikembangkan, owner juga tidak menginginkan rumah dengan bentuk yang terlalu aneh dan tidak umum. Pertimbangan fungsional dan sirkulasi sangat diperhatikan oleh klien yang kesehariannya sebagai kepala direksi perawatan mesin kapal.

Menitikberatkan fungsi sebagai tempat berkumpul, maka owner menginginkan ruangan dengan syarat bebas aliran angin tanpa sekat dengan diimbangi faktor pencahayaan alami dari luar. Owner sangat jeli memanfaatkan lahan sisi belakang khusus untuk ruang berkumpul berukuran besar, ditunjang dengan teras lebar dan taman rumput luas. Kenyamanan kerabat dan keluarga ini sangat diperhatikan di area ini. Dukungan ruang dapur dan kolam ikan berukuran sedang memberikan nilai lengkap syarat fungsional untuk menyelenggarakan pertemuan keluarga di ruang keluarga ini.

 

 

Perencanaan area istirahat diletakkan di lantai 2, baik ruang tidur utama, ruang tidur anak, dan ruang kerja. 1 ruang tidur tamu berada di lantai 1 untuk membatasi tingkat privasi hunian. Area servis dibagi 2 bagian dengan pembagian lantai 1 digunakan untuk tempat istirahat sedangkan lantai 2 dimanfaatkan untuk ruang jemur, setrika dan 1 ruang pembantu.

Pemilihan material kaca beralasan karena owner menginginkan rumah yang terang disiang maupun di malam hari meskipun tanpa pencahayaan buatan dari lampu. Sisi rumah depan menghadap kebarat pun tidak sangsi untuk dipasang kaca berukuran lebar dan besar agar supaya cahaya matahari langsung masuk ke areal rumah. Untuk mereduksi panas matahari terutama di siang dan sore hari dipasang kaca film transparan di sisi kacanya tanpa mengurangi pandangan dan jumlah cahaya yang masuk ke rumah.

Sedangkan sisi timur/belakang rumah sengaja dibuat selebar lebarnya bukaan kaca dan atap kanopi kaca, pertimbangan sinar matahari pagi sangat menyehatkan tubuh dan ketika siang hari hanya memasukkan terang langit melalui jendela dan pintu pintu kaca berukuran besar. (Agustus2011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *