( INTERIOR ) ”TOKO LAWANG AGUNG PUSAT KURMA”

PROJECT DATA :

Project Name : Interior Toko Lawang Agung Pusat Kurma, Surabaya

Location : Jl.Gayungsari Barat 10, Surabaya ( Depan Masjid Al-Akbar Surabaya )

Status : Terbangun (Mei 2012)

Site Area : Approximately – metressquare

Client/Owner : Yasir Salim, Surabaya, Jawa Timur

Principal Interior Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : sembilanstudio

Images: Rendering with 3dsMax7 Studio

Photos : Mansyur Hasan W

 

Note :

‘Pusat Kurma dan Oleh oleh Haji terlengkap’

 

 

Description :

Toko Lawang Agung adalah toko kurma grosir terlengkap terbesar yang berada di kawasan Religi Masjid Ampel Surabaya, tepatnya di Jl.Nyamplungan 75 Surabaya. Lawang Agung sudah melayani penjualan eceran dan grosir kurma sejak tahun 1950-an. Mereka mengklaim menjual bermacam macam jenis kurma (kurang lebih 20 jenis kurma) mulai dari kurma Ajwa, Nabtat Ali, Anbara dan lain sebagainya (http://tokolawangagung.blogspot.com/ )

 

Merupakan keinginan almarhum bapak dari pemilik Toko Lawang Agung untuk membuat toko cabang Lawang Agung untuk memperluas pemenuhan kebutuhan kurma baik sebagai makanan sehari hari, ataupun kebutuhan oleh-oleh jamaah haji. Lawang Agung juga menyediakan madu asli berkualitas, perlengkapan haji, beberapa baju muslim dan perlengkapan ibadah lainnya.

 

tampak depan rencana toko lawang Agung

Lawang Agung Gayungsari sendiri merupakan cabang dari toko di Jl.Nyamplungan dengan tujuan mengakomodir kebutuhan masyarakat terutama di Surabaya bagian tengah dan Surabaya bagian selatan untuk berbelanja kurma, kebutuhan oleh oleh haji, serta kebutuhan peralatan ibadah lainnya. Dengan ditunjang lokasi berdekatan dengan Masjid Al-Akbar Surabaya diharapkan dapat mempermudah masyarakat terutama para jamaah haji ketika berada di Masjid Al-Akbar Surabaya mendapatkan oleh-oleh haji lebih mudah dan tidak perlu ke kawasan Ampel Jl.Nyamplungan Surabaya di kawasan Surabaya utara.

 

tampak interior pintu masuk Lawang Agung Gayungsari

Konsep dasar perencanaan adalah pemilik bapak Yasir Salim menginginkan lantai satu dipergunakan untuk toko kurma, peralatan haji, oleh oleh haji, dan baju muslim, sedangkan lantai 2 direncanakan kedepan sebagai area sewa.  Untuk sementara ini,  di lantai 2 dipergunakan sebagai gudang stok dan musholla. Pola penataan toko lantai 1 juga diatur sedemikian rupa menjadi area kurma, area peralatan haji, oleh-oleh haji, baju muslim, suvenir serta beberapa perlengkapan muslim lainnya.

 

Perencanaan tampak depan toko Lawang Agung hadir dengan mencerminkan bangunan modern khas Timur Tengah dengan aplikasi pemakaian rooster berlubang dari bahan dasar GRC ( Glass Reinforced Cement) board dengan motif islamic pattern modifikasi. Unsur lengkung seperti separuh kubah di bagian pilar menambah nilai bahwa bangunan ini adalah bangunan yang mencerminkan nafas islami dan tidak hadir sepenuhnya kaku seperti sebuah tempat ibadah.

 

Bahan dasar mebeler yang dipakai untuk interior adalah kayu plywood/multipleks dengan finish spray cat duco warna senada dengan korporasi Lawang Agung sendiri yaitu warna hitam dan kuning @September2012

 

area baju muslim dan anak anak Lawang Agung

 

area sajadah, oleh oleh dan suvenir

 

area ruang tengah Lawang Agung Gayungsari

 

area baju muslim Lawang Agung Gayungsari

 

area buku agama dan perlengkapan haji

 

area kasir Lawang Agung Gayungsari ( foto : Mansyur Hasan)

 

2 thoughts on “( INTERIOR ) ”TOKO LAWANG AGUNG PUSAT KURMA”

  1. Dalam banyak2 hal .. saya paling suka hal nie… terima kasih kerana bangkitkan kenangan silam dengan post nih… setiap penulisan ada ceritanya.. tahniah awak.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>