( INTERIOR ) ” INTERNATIONAL STANDART CLASSROOM ” Part.2

international standart classroom photo by mansyur hasan w

PROJECT DATA :

Project Name : Grade 7A International Standart Classroom for Junior High School

Location : RSBI SMPN 2 Bojonegoro Jl.DR Wahidin 82 Bojonegoro, Jawa Timur

Status : Terbangun (Juni 2012)

Site Area : Approximately 63 metressquare

Client/Owner : SMPN 2 Bojonegoro, Surabaya Jawa Timur

Principal Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : sembilanstudio

Images: Rendering with 3dsMax7 Studio

Photos : Mansyur Hasan W

 

Note :

‘menciptakan standart kelas bertaraf internasional’

 

Description :

Memiliki sebuah ruang kelas bertaraf internasional adalah ide keinginan awal langkah kepala sekolah SMPN 2 Bojonegoro dalam persaingan menuju Sekolah Bertaraf  Internasional (SBI). Kelas tersebut diharapkan menjadi pioner untuk kelas kelas berikutnya sebagai sarana positif memacu dan utamnya meningkatkan lulusan kualitas siswa didik. Biaya dari renovasi interior ini adalah sebagian kecil dana dari kas sekolah dan sebagian besar merupakan dana swadaya wali murid siswa yang menduduki kelas berstandart internasional tersebut.

Pekerjaan inti dari pekerjaan renovasi ini adalah pengecatan ulang meubeler, pembuatan meubeler dan perlakuan khusus ruang ber-AC (Air Conditioner). Pekerjaan pengecatan ulang tersebut meliputi pengecatan dinding-plafond eksisting dan pengecatan meja siswa. Pekerjaan pembuatan meubeler meliputi pembuatan meja panelis dan backdrop papan tulis kaca. Perlakuan khusus ruang standart internasional ber AC dengan menutup kisi/bovenlight jendela dengan mika transparan, pengadaan vertikal blinds sebagai kelambu dan dilengkapi Air Conditioner (AC).

 

Tata layout seperti pada umumnya kelas dikembangkan dengan menampilkan 2 buah meja panelis dan sekaligus meja guru yang di desain terintegrasi dengan bagian belakang whiteboard papan tulis. Untuk 28 siswa menggunakan meja masing masing dengan harapan ketika ruang membutuhkan suasana diskusi yang lebih menarik, meja meja siswa tersebut dengan mudah dapat dipindah dan digeser sesuai keinginan.

Menciptakan kelas yang nyaman bagi siswa, menambah semangat belajar siswa adalah salah satu semangat desainer interior dengan menghadirkan desain dengan warna segar (warna hijau alpukat) dan kombinasi warna tua natural kayu di meubelernya. Warna netral putih sebagai warna kombinasi serta warna abu abu hadir sebagai warna netral dalam ruangan ini

 

international standart classroom photo by mansyur hasan w

 

Secara fungsi meja panelis disediakan 4 kursi dipergunakan untuk kebutuhan diskusi dengan mengundang beberapa panelis sekaligus. Papan whiteboard dari kaca mempermudah proses pembelajaran dan menambah daya tarik sendiri dan garis putih horizontal di samping kanan dan kiri whiteboard adalah rak buku/mini library untuk dikonsumsi hanya siswa kelas tersebut.Tiga buah panel poster disediakan untuk menampung kreatifitas siswa dengan menempel poster/karya siswa yang bisa dipakai secara bergilir tiap tiap siswa atau secara tugas berkelompok

 

Material kayu olahan /plywood sebagai material dasar meubeler dengan finishing natural kayu serta kombinasi cat duco untuk mobil, cat dinding standart setara Dulux Catylac, wallpaper di bagian utama backdrop sebagai elemen pemecah kebosanan dan digital printing poster untuk menambah suasana ruang kelas berstandart internasional ini menjadi lebih semarak.

international standart classroom photo by mansyur hasan w

Lebih detail juga bisa dilihat di http://www.smp2bojonegoro.net

(September2011)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *