( RUBRIK KONSULTASI ) Rumah Salon Ideal

 

RUBRIK KONSULTASI 18 MARET 2012

SOAL 18 Maret 2012 :

Saya mempunyai lahan 7×15, saya berencana membuat rumah yang ada ruang usaha salon saya yang berukuran cukup sedang. Saya tinggal bersama suami, 2 orang anak perempuan dan 1 pembantu rumah tangga. Mohon solusinya. Terima kasih

JAWABAN :

Kami rencanakan rumah 2 lantai untuk mendapatkan ruangan ideal sesuai dengan permintaan bapak/ibu penanya, kami organisasikan ruang utama di lantai satu meliputi salon sebagai kebutuhan berwirausaha dan ruang penunjang lain seperti ruang keluarga, dapur dan kamar tidur utama. Sedangkan di lantai dua kami rencakan untuk kamar tidur anak, kamar tidur pembantu dan jemuran.

Taman belakang terhubung dengan void/lantai terbuka dari jemuran berfungsi sebagai sirkulasi angin dan penghawaan dari belakang rumah. Begitu pula dengan void diatas dapur berfungsi membantu sirkulasi udara dari dapur diteruskan ke atap rumah. Kami sarankan untuk bagian atap  di atas tangga naik ke lantai 2 menggunakan atap transparan misal genteng kaca, untuk menambah penerangan di area tangga sekaligus penerangan ruang keluarga di lantai 1 di siang hari.

Akses servis menggunakan tangga putar untuk mendapatkan taman belakang yang cukup luas serta efektifitas ruang yang bisa dimanfaatkan untuk area cuci/setrika. Semoga bermanfaat dan selamat membangun.

 

Mansyur Hasan W.

Praktisi Arsitektur dan Interior Sembilanstudio

Jl.Klampis Semalang III/7B-56 Surabaya,

Telp (031) 70741251, 08563302433

Email : sembilanstudio@yahoo.com

Web : www.sembilanstudio.com

2 thoughts on “( RUBRIK KONSULTASI ) Rumah Salon Ideal

  1. wah, sayang mas, ada kamar mandi pas di atas kamar utama. Void untuk dapur juga kayaknya terlalu luas, sehingga mempersempit ruang yang di lantai 2. Kamar di lantai 2 meski mendapat penerangan alami tapi sayang, semua tidak ada view, yang satu view lorong angin, yang satu view area jemur. Area jemur juga terlalu luas sepertinya mas, hampir 50% luas lantai 2. Penasaran dengan rencana atapnya, void untuk dapur menerus sampe kemana ya?

    salam sukses mas.

    1. trimakasih saran dan masukan yang cerdik om, mungkin jadi bahan pertimbangan lagi ketika mendesain berikutnya…salam sukses juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *