( INTERIOR ) ”BASIC TECHNOLOGY EDUCATION LABORATORY”

PROJECT DATA :

Project Name : Basic Technology Education Laboratory for Junior High School

Location : RSBI SMPN 2 Bojonegoro Jl.DR Wahidin 82 Bojonegoro, Jawa Timur

Status : Terbangun (Februari 2012)

Site Area : Approximately 54 metressquare

Client/Owner : SMPN 2 Bojonegoro, Surabaya Jawa Timur

Principal Interior Design : sembilanstudio

Main Building Contractor : sembilanstudio

Images: Rendering with 3dsMax7 Studio

Photos : Mansyur Hasan W

Note :

‘menciptakan lingkungan yang beradapatasi teknologi dan sains’

 

Description :

Ruang Pelatihan Teknologi Dasar merupakan ruangan wajib bagi sekolah yang berstandart internasional. Semenjak gedung terbaru terbangun atas kerjasam dengan PT.Pertamina sebagai donatur utama pembangunan gedung khususnya Ruang Pelatihan Teknologi Dasar, pihak Kepala Sekolah menginginkan untuk segera diwujudkan ruang yang dikhususkan sebagai ruang latihan , ruang praktik dan ketrampilan khususnya di bidang teknologi dan sains

international standart classroom, ruang kelas

Konsep utama ruangan ini adalah ruang praktik siswa secara beregu/ kelompok, arena praktik robot, dan display beberapa alat teknologi dasar berupa robot, mesin dan teknologi lainnya. Keperluan sebuah meja praktik untuk siswa dan panggung arena robot adalah mutlak diperlukan untuk memfasilitasi kurang lebih 20-25 orang siswa.

international standart classroom, ruang kelas

Perencana interior sengaja menghadirkan lemari display kaca dengan terdapat lampu didalamnya sebagai lemari simpan beberapa robot hasil karya terbaik siswa, 6 buah meja praktik dan meja komputer dan bangku duduk yang dilengkapi dengan lampu penerangan disetiap meja diatasnya. Sedangkan konsep robot sampah dihadirkan dengan jalur dibawah meja komputer untuk efektifitas ruang dan menyesuaikan konsep dasar robot sampah untuk mengambil setiap sampah di masing masing meja praktik.

perencanaan desain awal, interior classroom

Penataan layout sederhana dengan 3 meja praktik di kanan dan di kiri dengan panggung robot di tengah tengahnya sebagai arena robot dengan disetiap meja praktik terdapat meja praktik dan meja komputer untuk kebutuhan pemograman robot. Di sisi terjauh terdapat display lemari simpan robot dengan pintu kaca sekaligus sebagai background ruangan laboratorium ini.

perencanaan awal ruang PTD, interior classroom

Material kayu olahan /plywood sebagai material dasar meubeler dan besi hollow sebagai cerminan bahan teknologi kuat dan dengan finishing cat duco untuk mobil, cat dinding standart tingkat sedang, dan digitall printing poster untuk menambah suasana ruang kelas laboratorium ini menjadi lebih semarak. Pemilihan warna biru muda, putih dan abu abu adalah ekspresi perencana interior mewakili warna teknologi di era modern (Maret2012)

 

Foto foto lain :

ruang eksisting PTD sebelum direnovasi
denah rencana ruang PTD
interior classroom, lemari display robot di ruang PTD
meja parktik dilengkapi dengan lampu diatasnya dan stop kontak di masing masing meja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *